Quote of the day - Brainyquote.com

Share This!

Reksa dana? Apaan tuh?Penting emang?

Sunday, May 25, 2008
Kalo mau tau apa itu Reksa dana or kerennya dana bersama atawa kalo di inggrisin Mutual Fund itu adalah sarana investasi yang sederhana dimana setiap orang dengan tujuan investasi yang sama mengumpulkan dana mereka untuk dikelola oleh seorang Manajer Investasi profesional sesuai dengan tujuan investasinya.

Dana yang terkumpul pada reksa dana akan di investasikan pada saham-saham dan/atau dalam instrumen-instrumen berpendapatan tetap (fixed income). Kekayaan/aset suatu reksa dana bukan milik manajer investasinya, ia hanya mengelola aset tersebut mewakili para investor. Aset tersebut adalah milik para investor dimana kepemilikannya dinyatakan dalam jumlah unit penyertaan reksa dana tersebut.

Nah, mumpung masih muda neh... gak ada salahnya tuh sedari sekarang kita mulai investasikan uang kita ke Mutual Fund ini. Sebab ini untuk investasi untuk jangka panjang dan murah banget. Cukup mulai dengan Rp 100.000 aja kamu udah bisa jadi INVESTOR. yah, yg pasti jangan asal cari MANAJER INVESTASI aja, cari MI yg ber-prospek bagus. Umumnya reksa dana itu dibeli dalam unit, per unitnya Rp 1.000 makanya min. belinya 100 unit alias RP 100.000 nah kalo tiap bulan kita invest reksadana Rp 100.000 dan kita pantau perkembangannya, bukan mustahil pensiun hari tua dengan kebebasan financial seperti kata Robert T. Kiyosaki, "MELEK FINANSIAL" kuncinya.

Upzzz...lupa jgn lupa tuh baca bukunya om Robert huehuehuehue...
sapa tau bisa mengubah cara pandang kita akan paradigma yg tertanam pada diri kita sedari kita masih kecil.
Referensinya: Rich Dad, Poor Dad!, If u want to be rich...don't go to school!, The Cash Flow Quadrant


Nah sekarang kita bahas, penting gak sih investasi ke reksa dana?

Seseorang perlu berinvestasi di reksa dana karena dengan berinvestasi di reksa dana akan didapat beberapa keuntungan, diantaranya :
- Diversifikasi otomatis. Portofolio investor dengan sendirinya tersebar ke beragam aset yang terwujud dalam portofolio yang dapat mengurangi risiko, karena dana di investasikan ke berbagai jenis efek sehingga risikonya pun juga tersebar.
- Barrier to entry rendah. Siapapun bisa memulai berinvestasi reksa dana as low as Rp. 100.000 saja (tergantung jenis reksa dana).
- Investasi dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional dengan administrasi oleh kustodian (Bank tempat nyetor uang buat beli reksa dana) dan diawasi ketat oleh Bapepam LK. MI akan berusaha untuk mencari peluang investasi yang paling baik untuk reksa dana tersebut.
- Hasil investasi reksa dana bukan (belum) menjadi obyek pajak. Kupon obligasi juga belum menjadi obyek pajak.
- Likuiditas tinggi. Unit Penyertaan dapat dibeli atau dijual kembali setiap hari bursa melalui MI.
- Transparansi informasi. Reksa dana wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolio dan biayanya secara kontinyu kepada pemegang Unit Penyertaan.

My Slideshow

E-Bible

My Ages

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Our Anniversary

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...